07 Mei 2024 10:12:23
Ditulis oleh Admin

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)

   Puskesmas Plumpang telah melaksanakan kegiatan Penguatan P4K pada hari Senin 29 April 2024 di Desa Sumurjalak .Sasaran kegiatan ini adalah tokoh masyarakat dan kader posyandu sewilayah Puskesmas Plumpang .Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak H Jinawan selaku Kades serta didampingi oleh Bapak/Ibu perangkat Desa Sumurjalak .

   P4K yaitu pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil,suami dan keluarga tentang kehamilan beresiko,bahaya kehamilan,ajakan pada ibu,suami dan keluarga untuk merencanakan persalinan .

Tujuan P4K antara lain suami,keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan .Adanya rencana persalinan yang aman ,adanya rencana kontrasepsi yang akan dipakai,adanya dukungan sukarela dalam persiapan biaya,transportasi,donor darah,memantapkan kerjasama antara bidan,dukun bayi dan kader .

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan ibu hamil dapat merencanakan persalinan yang baik dan benar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada waktu persalinan .



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus