23 Februari 2022 09:57:48
Ditulis oleh Admin

FORKOPIMCAM DAMPINGI KEPALA DESA SUMURJALAK MENYERAHKAN 900 SERTIFIKAT PROGRAM PTSL

Sumurjalak, 19 Februari 2022. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tuban bersama dengan Kepala Desa Sumurjalak dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Plumpang - membagikan 900 Sertifikat dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang. Hal ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas tanah masyarakat. Tanah yang tidak memiliki sertifikat bisa berpotensi akan terjadi persoalan di kemudian hari, karena sudah banyak kasus yang terjadi diluar sana atas tidak adanya sertifikat tanah, terutama pada kasus penyerobotan tanah. Pada kesempatan ini, Kepala Desa Sumurjalak H. Jinawan juga menyampaikan bahwa penyerahan sertifikat dari program PTSL ini bertujuan untuk menyukseskan visi dan misi desa dalam rangka mensejahterakan masyarakat Desa Sumurjalak melalui program tersebut. Adanya program PTSL ini, warga desa merasa terbantu karena persyaratan administrasi yang mudah, jangka waktu pengurusan sampai terbit sertifikat juga tidak memakan waktu yang lama.

Selain dari BPN Tuban, kesuksesan dari kegiatan ini juga melibatkan seluruh panitia PTSL, perangkat desa, babinsa, babinkamtipmas, serta lembaga-lembaga yang ada di Desa Sumurjalak. Pembagian sertifikat ini dilakukan dengan sistem penyerahan yang terbagi menjadi 7 lokasi meja dengan jam pengambilan yang dibagi menjadi 3 sesi guna menghindari terjadinya kerumunan di masa pandemi seperti sekarang ini. Untuk menghindari penyalahgunaan sertifikat yang dibagikan, peserta PTSL harus menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pada saat pengambilan. Bagi peserta PTSL yang tidak bisa hadir dalam pengambilan sertifikat ini harus membawa Surat Kuasa yang ditandatangani oleh pemberi kuasa dan penerima kuasa dengan melampirkan fotocopi KTP masing-masing.

*Kegiatan pembagian sertifikat berlangsung dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan yang dipandu oleh panitia PTSL Desa Sumurjalak.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus