09 Februari 2022 15:41:27
Ditulis oleh Admin

EMBUNG LENCONG, SEBUAH NAMA, SEBUAH CERITA

Embong Lencong, begitulah kami warga Dusun Sumurgung, Desa Sumurjalak Kec.Plumpang Kab.Tuban menyebutnya. Sebuah danau/embung, yang terletak di ujung tenggara Dusun Sumurgung tepatnya pada koordinat -7,03611, 112,09144, 48,4m, 139’ ini menyimpan sejuta cerita.

Sebagai garda terdepan dalam menunjang kebutuhan irigasi persawahan warga, tidak dipungkiri ditempat ini pula, tersimpan sejuta cerita mistis yang sampai saat ini masih belum terpecahkan.

Dulu, kami para orang tua tidak bosan-bosanya melarang, anak-anak kami untuk bermain diarea sekitar embung lencong, karena kami menganggap tempat ini penuh dengan aura mistis, yang tentu saja tidak baik untuk anak-anak kala itu.

Seiring berjalanya waktu, anggapan negatif tentang embung lencong perlahan mulai pudar. Tempat yang dulu dianggap sakral dan penuh aura mistis itu kini telah bersolek,menjadi tempat yang sangat dirindukan untuk di kunjungi. Adalah Bapak SUKIRNO, Kepala Dusun sumurgung,bersama kelompok sadar wisata (POKDARWIS) yang tanpa lelah, siang dan malam berjuang untuk merubah image negatif embung lencong, menjadi tempat/destinasi wisata di masa depan. Tidak mudah memang, tapi bukan mustahil tentunya.

Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Desa Sumurjalak,baik dalam hal kebijakan maupun finansial, menjadi angin segar untuk mewujudkan impian itu menjadi nyata. Semoga. 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus