08 April 2022 10:55:53
Ditulis oleh Admin

WISATA PEMANCINGAN EMBUNG LENCONG, POTENSI WISATA DESA SUMURJALAK

Pemerintah desa Sumurjalak bersama Pokdarwis “Embung Lencong” mulai serius dalam menggarap pengembangan potensi pariwisata tingkat desa di wilayah Desa Sumurjalak. Salah satunya dengan memanfaatkan Embung Desa “Embung Lencong” yang terletak di dusun Sumurgung yang semula dimanfaatkan sebagai sarana pengairan pertanian, namun karena debit air yang tidak mencukupi, membuat embung tersebut terbengkalai dan tidak terawat. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Pemerintah Desa bersama Pokdrawis berinisiatif untuk mengelola dan mengembangkan embung desa menjadi objek wisata pemancingan.

view embung

Panorama Wisata Pemancingan Embung Lencong

Pembukaan wisata pemancingan di Embung Lencong ini merupakan langkah yang positif untuk pengembangan wisata yang di kelola oleh desa. Tahap awal yang dilakukan oleh pengelola yaitu melakukan pembersihan sekitar embung dan menebar benih ikan nila, bader, dan tombro sebanyak empat ribu ekor. Lahan di sekitar embung juga dibangun akses jalan menuju embung yang dapat dilalui kendaraan roda empat, meskipun belum sempurna. Pembangunan tersebut diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk wisata pemancingan karena akses jalan yang mudah. Selanjutnya masih dibutuhkan banyak sentuhan untuk mewujudkan embung desa menjadi salah satu objek wisata andalan Desa Sumurjalak. Tentu juga dibutuhkan kerja keras dari semua elemen masyarakat desa.

POTONG TUMPENG

Pembukaan Wisata Pemancingan Embung Lencong

Pemancingan perdana atau pembukaan wisata pemancingan Embung Lencong  kemarin juga bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional yaitu pada tanggal 6 April 2022, yang juga dihadiri oleh Pemerintah Desa Sumurjalak. Harapan kedepannya, selain untuk menyalurkan hobi memancing dari masyarakat sekitar, juga mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan sesuai program nasional GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Antusias warga dalam pemancingan perdana kemarin cukup baik, karena pada hari tersebut peserta yang mendaftarkan diri untuk pemancingan perdana ini berjumlah 25 orang yang berasal dari dalam mapun luar wilayah desa, bahkan ada yang berasal dari  luar kabupaten, yaitu dari kabupaten Bojonegoro.

PEMANCING

Peserta Mancing Mania di Embung Lencong

Terakhir, bagi masyarakat yang ingin memancing bisa mendatangi langsung tempat pemancingan Embung Lencong  yang terletak di Dusun Sumurgung RT 003 RW 002 Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, atau untuk informasi selengkapnya bisa melalui narahubung yang tertulis pada poster dibawah ini.  



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus